10 Fakta Kesehatan Tentang Joging

Published December 5, 2011 by lelikesmas

 

Berlari alias jogging itu baik untuk kesehatan dan juga kecedasan otak, tapi di antara kita sangat malas untuk melakukannya, lebih memilih untuk bermalas-malasan di sofa, tempat tidur juga depan komputer. So, pakai sepatu anda sekarang dan mulailah berlari. Mungkin dengan adanya thread ini bisa mengubah mindset anda mengenai “berlari” ini. Berikut 10 alasan yang bisa membuat anda jatuh cinta sama aktivitas berlari.

1. Kita tak perlu mempelajari bagaimana cara berlari.
Berlari merupakan olahraga yang paling sederhana bin simple. Kita tidak perlu mempelajari peraturannya atau cara-caranya layaknya bermain sepak bola atau basket. Jika anda tau bagaimana cara berjalan (kita mempelajarinya sejak bayi) pasti kamu tau bagaimana cara berlari juga.

2. Say goodbye kepada kegemukan.
Para peneliti dari University of Dublin megatakan bahwasanya berlari selama 30 menit saja, bisa membakar 391 kaliri, padahal jika bersepeda dengan waktu yang sama, kalori yang dibakar hanya sebanyak 277 kalori, dan saat bermain tenis hanya 272 kalori.

3. Kita akan menjadi lebih bahagia.
Menurut Andrew Mac Kalots, kepala peneliti Institute of Mental Health, Inggris, latihan fisik bisa menstimulus keluarnya endorphin, senyawa yang bisa mengurangi stress dan bisa membuat kita merasa bahagia.

4. Kita akan memiliki tulang yang lebih kuat.
Menurut National Osteoporosis Society, Inggris, hanya dengan jogging selama 15 menit, selama 3 kali dalam seminggu, cukup untuk mengurangi resiko terkena osteoporosis sebanyak 40 %

5. Tidak ada batasan umur dalam berlari.
Ketika kebanyakan olahraga memiliki batasan untuk umur, tidak dengan berlari. Bahkan atlet pelari tidak pernah “berhenti” berlari walaupun mereka sudah tua sekalipun. Contohnya yaitu pelari legendaris bernama Ron Hill, walaupun telah berumur 70 tahun, dia tidak pernah ketinggalan untuk berlari setiap harinya sejak Desember 1974.

6. Cocok dengan segala kondisi cuaca.
Walau cuaca panas, cuaca dingin, sedang hujan, juga berangin, tidak adalasan untuk tidak jogging. Tidak ada yang bisa menghentikan kita untuk tidak berlari.

7. Dunia adalah milik kita, saat berlari.
Berlari tiap pagi merupakan pengalaman yang indah. Ketika masih banyak orang yang terlelap di tempat tidurnya, kita keluar rumah untuk jogging dan menikmati indahnya pagi, sepinya jalan, SENDIRIAN…Melihat matahari terbit, woooow… Bukankah itu kepuasan tersendiri bagi kita..?

8. Tidur lebih nyenyak.
Para peneliti dari Medical School, Stanford University pernah menyuruh orang yang tinggal menetap dan menderita insomnia, untuk berlari selama 20-30 menit tiap hari. Dan hasilnya, mereka bisa tidur nyenyak dan durasi tidur mereka bertambah satu jam.

9. Berlari bisa dimanfaatkan saat darurat.
Banyak situasi yang tidak kita inginkan dan berbahaya dalam hidup kita. Dan terkadang kita harus berlari untuk itu. Seperti dikejar anjing, mengejar pencopet, mengejar bis, dll. Bagaimana kita bisa berlari dengan cepat dan baik tanpa pernah berlatih berlari sebelumnya..?

10. Jarang bertemu dokter.
Aktivitas fisik bisa membuat sel tubuh siap untuk melawan infeksi. Itulah yang dikatakan oleh Kath Collins, ahli diet dari St George Hospital, London. Berdasarkan penelitian di University of North Carolina, orang yang jogging selama 15 menit, 5 kali dalam seminggu, resiko sakit menyerang tubuhnya akan berkurang 50%. (10 fakta kesehatan tentang jogging dari : theamazingpage.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: